Kamis, 21 Mei 2009

MENCARI AKU

"Kamu itu dah dewasa! Berpikirlah ala orang dewasa!"

"Aku nggak mau jadi dewasa."


"Loh, kenapa?"

"Orang dewasa itu sok tau!"

"Hemmm..."

"Urusan orang dewasa itu ruwet, 'njelimet, serba salah."

"Lalu?"

"Jadi dewasa itu dituntut untuk benar."

"Harus dong.....Bukankah kita harus dalam kebenaran?"

"Tapi, apakah dewasa itu harus selalu benar? Harus menjadi pintar? Apakah dewasa itu gak boleh terus belajar?"

"Yaa...dewasa itu kan setidaknya lebih berpengalaman. Jadi, bisa belajar dari kesalahan. Harus ada perbaikan. Harus ada perubahan."

"Tapi, lebih enak jadi anak-anak, atau remaja."

"Loh, kenapa?"

"Kalo salah, bisa punya dalih: "Kan masih kecil, masih belajar, wajar dong kalo salah...."

"Huuff...Pusing yah ngomong sama kamu."

"Lha? Itu kan pendapatku."

"Tapi, pendapatmu itu juga ngefek ke aku, tauk?!"

"Loh? Aku ya aku. Apa hubungannya sama kamu?"

"Karena aku itu kamu!"

"Kamu, aku?"

"Iya. Aku, kamu!"

"Aku???"

"Aku."

Bismillaahirrohmaanirrohiim....

Seringkali aku merasa ada banyak 'aku' dalam aku. Mereka, 'aku'-'aku' itu, saling bersaing menunjukkan eksistensinya. Mengklaim bahwa 'aku'lah aku yang sebenarnya. 'aku'-'aku' itu ingin diakui sebagai aku. 'aku' yang satunya akan berusaha mendominasi, mengalahkan peran 'aku' yang lain.

Tak hanya 'aku', terkadang ada bayang-bayang 'dia' dan 'mereka'. Orang ketiga itu, tanpa 'aku' sadari telah masuk ke dalam kehidupan'ku'. Membuat 'aku' semakin sulit menemukan 'aku' yang sebenarnya (atau justru malah membantu? Hmm...mungkin).

'aku' terus mencari, terus belajar: merenungi hakikat penciptaannya, siapa dirinya, apa tugasnya, apa tujuannya, ke mana ia setelah tiada.

'aku' masih di sini, di tepi waktu. Memunguti mozaik-mozaik hidup yang tercecer di tepian masa. Merangkai puzzle-puzzle hikmah yang berserakan di sepanjang usia. Berjalan, dan terus berjalan...belajar, dan terus belajar....hingga suatu saat nanti, 'aku' berani berkata pada dunia: "THIS IS ME"

I’ve always been the kind of girl
That hid my face
So afraid to tell the world
What I’ve got to say
But I have this dream
Right inside of me
I’m gonna let it show
It’s time to let you know
to let you know

This is real
This is me
I’m exactly where I’m supposed to be now
Gonna let light shine on me
Now I’ve found who I am
There’s no way to hold it in
No more hiding who I wanna be
This is me

Do you know what it’s like
To feel so in the dark
To dream about a life
Where you’re the shining star
Even though it seems
Like it’s too far away
I’ve got to believe in myself
It’s the only way

This is real
This is me
I’m exactly where I’m supposed to be now
Gonna let light shine on me
Now I’ve found who I am
There’s no way to hold it in
No more hiding who I wanna be
This is me

(This Is Me, Demi Lovato)



'aku'

Tidak ada komentar: