Kamis, 05 Maret 2009

Dari kakak Iparku Deni Kurniawan As`ari, S.Pd.

SEKEDAR SHARING PENGALAMAN(TERUNTUK YUNAN)
Hari-hari kan kau lalui sebagai seorang mahasiswa baru. Kan begitu banyak tantangan dan masalah yang dihadapi. Kan begitu besar ujian yang menghadang, ketika ingin menjadi mahasiswi yang sukses.Berbagai tantangan, masalah, dan ujian tersebut tentu tidak lepas dari kemampuan memenej diri, membagi waktu, memilih skala prioritas, mengikuti kuliah, mengerjakan tugas, berorganisasi dan sudah barang tentu meningkatkan keilmuan dan menabung amal sholeh.
Mahasiswa menjadi masa-masa terindah yang kan slalu terkenang sepanjang masa. Hanya pada gilirannya menjadi sunnatullah ada yang berhasil dan ada pula yang gagal.
Berhasil ketika dapat menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu sesuai target, menggondol nilai yang baik, memiliki segudang ilmu dan kemampuan sesuai spesiasialisasi, semakin memahami arti kehidupan ini, dan tentu bisa mengembangkan kapasitas keilmuan untuk kemanfaatan diri, keluarga dan masyarakat pada umumnya.
Gagal, ketika dalam masa perkuliahan tidak memanfaatkan kesempatan dengan baik, seperti banyak main, pergaulan bebas, hura-hura, banyak bolos, dan aktivitas lainnya yang tidak mendukung keberhasilan belajar. Akibatnya, mahasiswa yang seperti ini berpeluang untuk lulus dengan nilai pas-pasan (nasakom), korban MBA (married by accident), DO (drop out ) dan masa depan menjadi suram.
Untuk Yunan, ada beberapa saran yang bisa dipertimbangkan.Satu, milikilah ambisi untuk menjadi suksesDua, jadilah mahasiswi yang rajin kuliah n belajar serta aktif berorganisasiTiga, hadapi setiap tantangan dan masalah dengan selalu optimis bakal bisa mengatasi dan menghadapinya, jadilah Allah SWT sebagai tempat bergantungEmpat, milikilah teman yang banyak, bergaul dekat dengan orang sholih di lingkungan yang kondusif tuk meningkatkan pengembangan diriLima, ikuti setiap kegiatan yang bermanfaatEnam, rajinlah berdiskusi, main ke perpustakaan dan suka bertanya kepada dosen atau orang yang tahuTujuh, jangan suka melamun atau menghayal tapi perbanyaklah bermimpi yang suatu saat bisa diwujudkanDelapan, rajin ke mesjid dan selalu tidak tertinggal untuk sholat berjamaahSembilan, ikuti kajian-kajian baik bersifat keislaman, keilmiahan maupun kajian kemasyarakatan dan kenegaraan agar wawasan semakin luas.Selamat berjuang, semoga Allah SWT kan selalu membimbing dan memberikan perrtolongannya. amin
Purbalingga, 19 Oktober 2006
Deni Kurniawan As’ari, S.Pd

Tidak ada komentar: